Dahsyatnya Biji Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Biji Alpukat

Foto : Google 

Dilansir dari NDTV, Rabu (24/4), cara membuat rebusan biji alpukat sangat mudah. Ambil alpukat dan pisahkan buah serta bijinya. Setelah mendapatkan bijinya, masukkan ke dalam panci dengan secangkir air dan didihkan selama lebih dari 5 menit.

Lalu, keluarkan setelah lunak sehingga dapat dipotong menjadi potongan-potongan kecil. Atau Anda bisa menggunakan gilingan kopi untuk menghancurkannya.

Kemudian, masukan potongan-potongan biji alpukat ke dalam wadah dengan dua gelas air matang dan biarkan direbus selama 7-8 menit. Lalu saring dan minum. Anda bisa menambahkan 1 sendok madu agar menambah rasa.

Rebusan biji alpukat baik untuk mencegah penyakit jantung. Alpukat diisi dengan asam lemak omega-3 yang membuatnya sangat ramah jantung.

  • Turunkan Kolesterol Jahat
Alpukat mengandung asam lemak baik untuk meningkatkan kolesterol baik. Sehingga biji alpukat juga efektif dalam memerangi kolesterol jahat.

  • Cegah Kanker

Alpukat adalah sumber antioksidan yang baik yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan radikal bebas dapat menghambat sistem kekebalan, dan bahkan dapat membuat usia kulit menua lebih cepat. Beberapa penelitian juga mengaitkan kerusakan radikal bebas memicu kanker. Hasil antioksidan dalam biji alpukat dapat mencegah pertumbuhan tumor.

  • Turunkan Lemak

Biji alpukat adalah sumber serat, yang membantu meningkatkan rasa kenyang. Jika merasa kenyang, secara alami akan mengurangi makan dan mengurangi berat badan. Biji alpukat juga merupakan sumber kalsium yang baik. Beberapa penelitian mengklaim bahwa kalsium dapat mempercepat penurunan lemak.

  • Rendah Kalori
Rebusan biji alpukat juga merupakan minuman rendah kalori. Minumlah ramuan ini ketimbang soda yang tinggi gula.

  • Sehatkan Pencernaan
Rebusan alpukat terbukti sangat bermanfaat untuk pencernaan. Jika perut terasa sembelit atau telah mengalami konstipasi selama beberapa waktu, cobalah minuman ini.

  • Cegah Radang
Rebusan ini dikemas dengan sifat anti-inflamasi. Selain itu membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan.

  • Cegah Hipertensi
Rebusan biji alpukat bisa ajaib menjaga tekanan darah tetap terkendali. Sama seperti buahnya, bijinya juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium membantu meniadakan efek buruk natrium dan menstabilkan tekanan darah.


  • Kaya Vitamin C Untuk Kulit
Punya kandungan vitamin C yang kaya, biji alpukat juga membantu pengelupasan kulit secara alami. Sehingga kulit lebih sehat dan bercahaya alami.


  • Gangguan Ginjal
ini informasinya

Sakit Ginjal, jangan buru buru cuci darah !!!Biji alpukat diiris kecil kecil lalu jemur sampai kering (spt kerupuk ).Lalu di giling sampai halus, ambil serbuknya lalu buat spt kita buat kopi atau teh. Minum seperti kita minum kopi, 3 x sehari. Minumlah sampai kembali normal. Tidak ada efek samping.
Penjelasannya:
Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, memang ada beberapa riset ilmiah terkait manfaat dari biji alpukat, namun studi tersebut masih melibatkan tikus dan belum pernah diuji pada manusia. Mengacu pada riset-riset tersebut, efek langsung dari biji alpukat terhadap kesehatan ginjal belum terbukti secara klinis.

Pada tikus, ekstrak biji alpukat berefek pada penurunan gula darah, tekanan darah dan lemak darah. Nah, biasanya ketiga faktor ini memang berkaitan dengan penyakit ginjal. Namun demikian, perlu diingat bahwa kaitan antara biji alpukat dan ginjal tak terjadi secara langsung.


"Jadi secara tidak langsung jika diminum akan meringankan beban kerja ginjal. Salah satu studi menyebutkan efek ini akan hilang saat biji alpukat berhenti dikonsumsi," imbuh Victoria.

Ia juga menuturkan, hal lain yang harus diperhatikan adalah besarnya dosis yang dipakai di riset-riset tersebut, yakni antara 400 mg hingga 2500 mg per kg berat badan. Jadi misalnya untuk orang yang mempunyai berat badan 60 kg, artinya ekstrak biji alpukat yang harus dikonsumsi setiap hari adalah sekitar 24 sampai 150 gram.

Hal serupa juga disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD. Kepada detikHealth, ia menuturkan bahwa sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa biji alpukat dapat menyehatkan ginjal.

"Alpukat memang baik untuk ginjal, namun bijinya belum terbukti dengan penelitian ilmiah sehingga belum diketahui tingkat keakuratannya. Alpukat adalah sumber lemak sehat dan alami untuk orang dengan penyakit ginjal," imbuhnya.

Semoga bermanfaat.
Pengobatan Alternatif dan Obat Tradisional
Konsultasi Gratis : 0813 8337 5576


Sumber : Berbagai Sumber